Membuat landing page terbaik untuk SEO

Landing Page Baik, Rangking SEO juga Naik. Ini Fakta!

Tujuan utama untuk melakukan optimasi SEO pada akhirnya adalah untuk mendapatkan kunjungan ke halaman bisnis sebanyak-banyaknya. Lalu kita bisa memberikan penawaran entah itu produk, jasa atau layanan kepada pengguna atau target yang di inginkan. Lalu apa itu Landing Page atau laman landas? Landing page adalah halaman berisi informasi produk, layanan atau jasa yang anda tawarkan. Halaman inilah yang nantikan akan di optimasi sehingga berada pada posisi yang di harapkan pada google.

Lalu apakah landing page yang baik, nyaman dan disukai oleh pengunjung akan otomatis peringkatnya akan naik? Tergantung. Bisa saja sebuah halaman akan meningkat posisinya jika di kunjungi banyak orang. lalu bagaimana bisa terjadi banyak kunjungan jika posisi kata kunci nya saja tidak berada pada halaman pertama google? tentu saja ada sumber lain yang bisa dijadikan tempat mencari kunjungan. contohnya sosial media yang memiliki tautan atau link seperti facebook, linkedin atau twitter. Anggap saja anda sudah jago untuk membuat sebuah copywriting pada sosial media tersebut atau mungkin anda memiliki follower yang cukup banyak sehingga terjadi kunjungan yang banyak juga. nah saat di landing page inilah ditentukan bagaimana interaksi pengunjung pada halaman tersebut. lalu robot google akan melakukan inspeksi lebih lanjut tentang topik landing page dan akan ditentukan kata kuncinya sehingga di ranking sesuai dengan posisinya. Jadi intinya judul dan kata kunci yang ditentukan pada landing page akan mempengaruhi. untuk memahami algoritma dasar google saya sarankan anda membaca info lengkapnya.

Saya tidak mau melakukan link building. saya pintar cara membuat copywriting yang baik dan manarik dan banyak memiliki follower di media sosial. itulah yang mungkin anda pikirkan? baik. artinya kita akan mengharapkan interaksi yang baik ke landing page bukan. jadi pantengin terus tulisan ini sehingga anda paham bagaimana membuat landing page terbaik yang sesuai.

 

 

Perankingan dari media sosial seperti pedang bermata dua

Disatu sisi jika anda pintar menarik perhatian pengguna di media sosial untuk melakukan klik ke landing dan mendapatkan interaksi baik maka itu sudah cukup. tapi ada kata kunci yang ingin di bidik dan anda ingin medapatkan kunjungan lebih lagi sehingga dirapkan dengan interkasi yang baik membuat google crawler mengidentifikasikan landing page anda sebagai halaman yang bermanfaat dan layan untuk mendapatkan posisi terbaik sehingga pengguna google lainnya bisa melihat juga. Tapi bagaimana jika interkasi landing page yang anda inginkan tidak sesuai harapan. katakanlah anda memiliki landing page yang cukup berantakan dan menjatuhkan harapan mereka tentang informasi yang ingin dicari. Tentu saja selain tidak mendapatkan konversi. robot crawler juga enggan untuk memberikan nilai karena menganggap landing page anda tidak berguna dan tidak informatif yang membuat banyak pengunjung untuk beranjak lebih cepat dari yang diharapkan.

Desain keren ≠ Landing page baik

Jangan berpikir landing page dengan desain keren menurut anda pasti adalah landing page yang baik. Karena itu hubungannya ke user interface bukan user experience yang kita harapkan sebagai inti interaksi yang baik dari pengguna ke landing page. Syarat untuk menjadi landing page yang baik berdasarkan penilaian google memang cukup kompleks dan setiap tema, kategori dan topik dan target pencari informasi memiliki psikologis yang berbeda-beda.  Sehingga anda harus paham tentang demografi. Landing page yang baik memiliki syarat seperti berikut.

 

Landing page terbaik

 

Struktur landing page yang baik

Tentukan penjudulan yang tepat yang memiliki setidaknya ada kata kunci di dalamnya. Ini sangat penting sekali karena hal pertama yang akan dilihat google crawler adalah judul dari sebuah halaman. dan pastikan juga judul dari halaman tersebut memiliki relevansi yang tepat dari informasi yang ingin ada di halaman tersebut. ini memiliki dua pengaruh. 1.Pengujung menganggap halaman tersebut memang memberikan informasi sesuai dengan judul yang akhirnya akan menjadi penentu apakah pengujung akan mendapatkan interaksi yang baik. 2. Ketika ada interaksi baik dari pengunjung otomatis google crawler melihatnya sebagai nilai tambah.

Jangan lupakan juga navigasi yang tepat sehingga pengunjung website lebih mudah untuk melakukan interkasi secara cepat tanpa harus kebingungan apa yang harus dilakukan. Perhatikan detail-detail kecilnya. Lakukan percoba bertahap dan lihat hasilnya mana yang memiliki performa paling baik. anggap saja anda menjual sesuatu. lihat landing page mana yang mendapatkan penjualan. jika dirasa sudah puas maka anda sudah berada pada jalur yang benar.

Landing page tidak boleh lelet saat dibuka

Siapa yang suka menunggu. nyatanya landing page yang memiliki tingkat loading cukup lama sangat berpengaruh kepada posisi di google. jadi walaupun anda memiliki landing page yang keren dengan desain yang oke dan anda banyak menghabiskan waktu disana untuk mendesainnya. Tidak akan ada gunanya jika halaman tersebut lama dibuka sehingga menimbulkan bounch rate yang tinggi. Anda bisa menggunakan tool dari google untuk melakukan pengujian apakah halaman landas anda sudah memiliki performa yang baik. jika belum lakukan perbaikan. bisa dengan merapikan internal coding seperti css, html, javascript, dll. Tergantung dari platform apa yang anda gunakan.

Jika anda menggunakan wordpress bisa menggunakan plugin tambahan untuk mempercepat loading website menjadi signifikan. Lakukan setup sesuai kebutuhan. Ada juga tool lain yang bisa digunakan selain miliki google namanya GTMetrix.

Salah satu pengaruh terbesar dari landing page yang lelet adalah dari media gambar yang ukurannya terlalu besar. jadi buatlah sesesuai mungkin namun tetap layak dan tidak sampai mengurangi kualitasnya. ada banyak tool yang bisa anda gunakan lalu kemudian opload sehingga beban dari website anda menjadi lebih ringan.

 

Berpikirlah dari sudut pandang penggunjung

Jangan egois merasa inilah landing page yang baik menurut saya dan pasti baik juga menurut pengunjung. Faktanya ternyata tidak demikian. Pedagang dan pembeli memiliki psikologis yang berbeda dan mengharapkan hal yang berbeda pula jadi jangan disamakan. Lakukan pengujian terus menerus sehingga anda mendapatkan hasil yang maksimal atau anda bisa percayakan pada ahlinya yang memahami struktur landing page yang baik sehingga dapat meningkatkan posisi ranking di google.

Bagikan Artikel Ini